Zinc Untuk Anak Yang Mengandung Unsur Baik

Banyak kasus kekurangan zinc untuk anak yang tersebar di seluruh dunia terutama di kawasan negara berkembang. Beberapa orang yang berisiko mengalami kekurangan zinc adalah wanita hamil atau menyusui, orang tua, remaja, dan anak kecil. Kekurangan zinc dapat berdampak buruk bagi anak seperti penurunan pertumbuhan, gangguan memori, dan ketidakmampuan belajar, Selain itu, baru-baru ini hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kekurangan zinc dapat meningkatkan risiko pilek dan infeksi.

Zinc merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting untuk anak. Zinc banyak berperan dalam fungsi normal sistem kekebalan, otak, dan tubuh anak. Pentingnya zinc juga disebabkan karena lebih dari 70 enzim bergantung pada zinc untuk menjalankan perannya dalam pencernaan dan metabolisme

Berikut ini makanan sumber zinc yang baik untuk anak

1. Susu dan produk olahannya yg Mengandung Zinc Untuk Anak

Susu dan produk olahannya seperti keju mengandung sejumlah nutrisi termasuk zinc. Dalam secangkir susu penuh lemak mengandung sekitar 9% seng. Di sisi lain dalam 100 gram keju cheddar mengandung 28% zinc.

Susu dan keju menjadi sumber penting yang dibutuhkan anak karena tingi kandungan zinc bioavailable. Selain itu, terdapat nutrisi lain dalam susu yang tak kalah penting seperti protein, kalsium dan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang dan mendorong pertumbuhan.

2. Coklat hitam

Siapa sih yang bisa menolak coklat? Makanan kesukaan anak yang satu ini ternyat punya kandungan zinc yang cukup tinggi. Dalam 100 gram bar drak chocolate mengandung sekitar 3,3 mg zinc atau 30%. Selain itu coklat hitam juga mengandung nutrisi sehat lainya. Tetapi sayangnya kandungan kalorinya tinggi yaitu 600 kalori dan tinggi gula juga. Jadi sebaiknya makanlah coklat hitam dalam jumlah sedang dan jangan jadikan sebagai bahan makanan utama sumber zinc.

3. Daging

Daging merah merupakan sumber zinc yang baik, Semua jenis daging memiliki zinc namun kandungannya berbeda antara daging sapi, domba dan babi. Sebagai contoh dalam 100 gram daging giling mentah terdapat 4,8 mg zinc yang merupakan 44% dari nilai harian. Tak hanya zinc saja, daging merah kaya mengandung nutrisi lain seperti zat besi, vitamin B, dan keratin. Selain itu, ada juga kandungan kalori, protein, dan lemak.

Mengonsumsi daging merah memang bermanfaat bagi anak. Tetapi perlu diingat jika mengonsumsi dalam jumlah besar risiko penyakit jantung dan kanker akan meningkat. Oleh karena itu, perlu dijaga asupan daging merah dan bila perlu ganti dengan sayuran.

4. Makanan laut

Makanan laut seperti kerang adalah sumber zinc sehat sebab rendah kalori, Tiram menyediakan asupan zinc dalam jumlah yang besar. Misalnya saja dalam 6 tiram berukuran sedang mengandung sekitar 32 mg zinc atau 291% dari nilai harian. Tidak hanya kerang, kepiting, udang, dan lobster juga menjadi sumber zinc yang baik untuk anak.

5. Kacang-kacangan

Buncis dan jenis kacang-kacangan lainnya memiliki banyak kandungan zinc. Dalam 100 grama kacang yang dimasak mengandung 12% nilai harian. Kacang menjadi sumber zinc yang penting bagi anak yang tidak menyukai daging atau makanan laut. Ibu bisa membuat olahan sup, salad, atau semur dari kacang-kacangan agar anak bisa mendapatkan manfaat zinc sebab tubuh tidak memproduksi zinc sehingga harus dipenuhi dengan mengonsumsi makanan sumber zinc.

Zinc menjadi salah satu asupan nutrisi yang sangat penting untuk dipenuhi terutama di masa kanak-kanak. Makanan di atas mungkin bisa menjadi inspirasi para ibu-ibu di rumah untuk membuat hidangan lezat demi mencukupi kebutuhan asupan zinc anak.